Selasa, 01 Januari 2013

CARA MEMBUAT SAMBAL

Cara Membuat Sambal

Cara membuat sambal sangatlah mudah dan hanya memerlukan waktu yang singkat. Kunci dari cara membuat sambal yang enak adalah pemilihan bahan yang bagus dan takaran yang tepat. Sebaiknya hindari membuat sambal dengan menggunakan blender karena hal itu akan membuat sambal beraroma langu. Gunakan cobek atau lumpang batu, dan jangan giling terlalu halus agar rasanya semakin enak.

Berikut ini adalah ulasan mengenai bahan-bahan utama yang digunakan sebagai cara membuat sambal:

Cabai Merah Keriting

Cabai Merah Keriting

Jenis cabai ini memiliki rasa yang pedas, namun agak sedikit beraroma langu. Untuk menghilangkan aroma langu, kombinasikan cabai ini dengan cabai rawit yang rasanya pedas dan aromanya tajam.

Cabai Rawit Merah dan Hijau

Cabai Rawit Merah dan Hijau

Cabai ini memiliki rasa yang amat pedas, lebih pedas daripada cabai keriting. Jenis cabaii ini sangat cocok apabila ditambahkan dengan sambal mentah, apalagi jika hendak disajikan sebagai pelengkap ikan akar. Aromanya akan semakin keluar apabila ditumis.

Cabai Merah Besar

Cabai Merah Besar

Rasa cabai ini sama sekali tidak pedas, dan cenderung berair. Cabai ini sering ditambahkan ke dalam sambal untuk memberikan warna merah yyang bagus pada sambal. sebaiknya jangan menggunakan cabai giling siap beli jika anda tidak menemukan cabai ini, karena biasanya cabai giling memiliki rasa yang sedikit asam karena terbuat dari cabai merah yang sudah tidak segar.

Cabai Hijau

Cabai Hijau

Jenis cabai ini tidak sepedas cabai merah. dalam penggunaannya biasa dikombinasikan dengan tomat hijau, di mana cabai ini akan memberikan rasa dan aroma yang khas pada sambal. untuk mengurangi aroma langu yang muncul, sebaiknya kukus terlebih dahulu cabai hijau sebelum digunakan.

Tomat Merah

Tomat Merah

Tomat merah sering ditambahkan dalam sambal karena rasanya yang asam dan manis, yang akan semakin memperkaya rasa sambal.

Tomat Hijau

Tomat Hijau

Dalam pembuatan sambal, tomat hijau sering dikombinasikan dengan cabai hijau. Rasanya asam dan akan memberikan rasa segar pada sambal yang dibuat. Untuk mengurangi rasa asam, sebaiknya kukus tomat hijau terlebih dahulu sebelum digunakan.

Terasi

Terasi

 Terasi sering ditambahkan ke dalam sambal untuk memberikan rasa gurih dan menambah kelezatan sambal yang dibuat. Terasi terbuat dari udang kecil atau bisa juga ikan. Jika ingin menggunakan terasi, sebaiknya bakar atau goreng terlebih dahulu.

Jeruk Limau

Jeruk Limau

Jeruk ini memiliki kulit yang berwarna hijau tua dan berkerut-kerut. Ukuranya lebih kecil dibandingkan jeruk nipis, dan aromanya juga lebih harum dari pada jeruk nipis. Jeruk ini digunakan untuk menggantikan lemon cui atau biasa disebut lemon cina yang sulit didapatkan. Jeruk ini dapat memberikan rasa segar dalam sambal yang kita buat.

Petis Udang / Ikan

Petis

Petis adalah hasil olahan ikan atau udang, yang kemudia ditambahkan dengan lelehan gula merah sehingga rasanya menjadi manis. Jenis bumbu ini sangat populer di daerah Jawa Timur.

Mungkin masih banyak bahan yang dapat digunakan sebagai cara membuat sambal yang enak. Tiap-tiap daerah memiliki ciri khas kuliner masing-masing, Sehingga tidak menutup kemungkinan masih ada bahan lain sebagai cara membuat sambal.
Judul: CARA MEMBUAT SAMBAL
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Yustinus Wibowo
Anda sedang membaca artikel CARA MEMBUAT SAMBAL. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://anekaresepmasakanlengkap.blogspot.com/2013/01/tips-dan-trik-membuat-sambal.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.
Judul: CARA MEMBUAT SAMBAL; Ditulis oleh Yustinus Wibowo; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar