Kamis, 03 Januari 2013

BAHAN MEMBUAT ES KRIM

Bahan Membuat Es Krim

Bahan Utama

Krim/Lemak Susu dan Susu Nonlemak

Krim/lemak susu berfungsi untuk melembutkan tekstur, memberi rasa gurih, dan sebagai pemberi energi. Sedangkan susu nonlemak berfungsi untuk mengontrol pengembangan, mengikat air, mengontrol pembentukan kristal es, memberi rasa gurih, energi dan nutrisi. Terdapat pada susu cair, susu konsentrat, atau susu skim bubuk.

Susu

Gula

Berfungsi untuk memberi rasa rasa manis dan membentuk tekstur. Penambahan gula yang berlebihan akan menyebabkan proses pembekuan berjalan lambat dengan tekstur yang lengket.

Gula

Emulsifier dan Stabiliser

Emulsifier berfungsi untuk membentuk es krim yang halus, kaku, dan kering, terdapat pada karagenan, gelatin, dan agar-agar. Stabilizer berfungsi untuk menghambat pembentukan kristal es berukuran besar dan meningkatkan daya tahan terhadap leleh.

Penambah Rasa dan Pewarna

Berfungsi untuk memberi cita rasa tertentu, pewarna untuk memberi warna dan mempertegas kesan terhadap rasa. Bahan yang digunakan untuk rasa dan pewarna haruslah bahan alami yang dibuat khusus untuk makanan.

Pewarna Makanan

Bahan Pelengkap

Aprikot Kering

Adalah buah aprikot yang telah dikeringkan. Aprikot mengandung betakaroten dan vitamin C. aprikot, terutama yang dikeringkan, adalah sumber kalium, mineral yang membantu pengaturan tekanan darah. Aprikot juga kaya akan serat larut yang dapat menjaga kadar gula darah tetap normal. Selain itu, buah aprikot berkhasiat membantu mengatasi konstipasi, juga menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Aprikot Kering

Pistachio

Adalah sebuah tanaman yang memiliki panjang 10-20 cm. Tanaman ini biasanya ditanam di Iran, Turmenistan, dan Azerbaijan barat. Selain dimakan sebagai snack, kacang ini juga sering digunakan sebagai isi pie, biskuit, es krim, atau cake. Pistachio kaya akan protein dan potasium.

Pistachio


Wafel

Wafel adalah adonan kue, dimasak dengan cetakan besi bermotif untuk memberikan bentuk yang khas. Wafel memiliki bentuk dan rasa yang beragam, tergantung cetakan dan resep yang digunakan. Biasanya disajikan sebagai menu sarapan atau dessert dengan aneka toping seperti buah, gula, madu, sirup, atau selai.

Wafel

Topping Jam

Sejenis selai namun lebih cair dan lebih bening. Digunakan sebagai topping atau saus makanan. Umumnya bercita rasa manis. Dikemas dalam botol, dijual dipasan swalayan.

Topping Jam

Mascarpone

Adalah keju segar dari Italia yang dibuat dengan menggunakan krim dari susu sapi. Karena pembuatannya menggunakan krim, maka keju ini termasuk ke dalam jenis keju krim. Keju mascarpone berwarna putih atau kuning serta memiliki tekstur yang sangat lembut dan halus.

Mascarpone

Marsala

Adalah jenis anggur kuat yang paling terkenal di Italia yang diimpor dari Sisilia dengan jenis rasa mulai dari pahit hingga manis. Anggur marsala pahit digunakan sebagai perangsang rasa ketika memulai makanan sedangkan yang manis digunakan sebagai minuman penutup. Juga populer sebagai anggur untuk memasak.

Marsala


Judul: BAHAN MEMBUAT ES KRIM
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Yustinus Wibowo
Anda sedang membaca artikel BAHAN MEMBUAT ES KRIM. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://anekaresepmasakanlengkap.blogspot.com/2013/01/bahan-membuat-es-krim.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini.
Judul: BAHAN MEMBUAT ES KRIM; Ditulis oleh Yustinus Wibowo; Rating Blog: 5 dari 5

1 komentar: